Kembangkan Teaching Factory Kopi, Polbangkan Kementan Cetak Wirausahawan Handal

Senin, 01 April 2024 20:56 WIB

Foto : Kunjungan ke Teaching Factory (TEFA) Miniplant Industry dan Modern Nursery Kopi yang dimiliki Politeknik Pembangunan Pertanian Medan (30/03/2024).


Agronews.id, Medan - Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan (PKKP) Badan Pangan Nasional (BAPANAS), Andriko Noto Susanto melakukan kunjungan ke Teaching Factory (TEFA) Miniplant Industry dan Modern Nursery Kopi yang dimiliki Politeknik Pembangunan Pertanian Medan (30/03/2024).

Kunjungan tersebut didampingi oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) Idha Widi Arsanti, Founder and Chairman, Mcorp., a Leading Marketing Profesional Service Firm in ASEAN, Hermawan Kartajaya serta Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini. Pada kunjungan tersebut, rombongan melihat secara langsung pembibitan kopi hingga pengolahan biji kopi serta berdiskusi langsung dengan mahasiswa Polbangtan terkait pemanfaatan TEFA terhadap keberlangsungan pendidikan di Polbangtan Medan.

Pelaksanaan TEFA  ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman mengatakan wirausaha merupakan upaya untuk regenerasi tenaga terampil di bidang pertanian yang punya semangat wirausaha atau socioagripreneur. Menjaga keberlanjutan pembangunan pertanian dengan menghasilkan sumberdaya manusia pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengemukakan bahwa pemuda tani memiliki peran dalam mewujudkan swasembada pangan nasional, dan produksi beras.

Yuliana Kansrini mengatakan TEFA merupakan metode pembelajaran yang diterapkan mendekati kondisi faktual di dunia usaha dan dunia industri, dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan stakeholder, sehingga kompetensinya selaras permintaan pasar.

"Salah satu sistem TEFA yang dikembangkan Polbangtan Medan, mengembangkan Modern Nursery Kopi dan Miniplant Industri Pengolahan," kata Yuliana.

TEFA tersebut, katanya, menjadi tempat pembelajaran dan bisnis di bidang kopi, sehingga mahasiswa akan mampu mengembangkan potensi sebagai wirausahawan kopi mulai dari pembibitan hingga pengolahan.

Superadmin

Berita Terkait


AgroNews.id merupakan situs berita populer yang fokus pada bidang pertanian, peternakan, kehutanan, lingkungan hidup, kelautan, dan perikanan Indonesia. AgroNews.id adalah portal berita web yg berisi opini, infografis, dan artikel daring, baik lokal maupun internasional dibawah PT. Agro Boga Makmur
Ikuti Kami
Follow dan Subscribe Media Sosial Kami

© 2021 AgroNews.id. All Rights Reserved.